Kamis, 01 Agustus 2013

Teknik Afdruk Screen Sablon Konvensional (Kain)

Berjumpa lagi dengan saya guys.... ;D  
Sekarang saya ingin berbagi ilmu nie sama sampeyan-sampeyan tentang bagaimana cara afdruk film pada screen kaos, tetapi sebelum anda belajar pastikan dulu anda  punya alat-alat sablon kaos konvensional "lek pengen iso nyablon kie kudu'e duwe screen sek.... hahaha...."

Oke yang pertama perlu anda miliki untuk belajar, adalah screen kaos berukuran 30x40 dengan kerapatan T55/sejenisnya, Photoxol TS, Photoxol 7 (Remover), Kapi/Penggaris juga boleh, Kaca berukuran sesuai dengan screen anda, Hair driyer kalo punya, kalo gak punya kipas angin saja juga bisa dan juga semprotan buat memandikan burung (dalam arti sebenarnya) hehe....

Langkah Pertama
Pada Photoxol TS ada 2 jenis cairan yang berwarna ungu pada botol besar dan oranye pada botol imut... hehe. Pertama pastikan buka dulu guys obatnya Hi ''.''.v. untuk cairan yang warna oranye jangan dibuka terlalu lebar tutupnya cukup siapkan paku atau pisau kecil untuk melubangi tutupnya. Sekarang sampeyan cari tempat/wadah buat campuran kedua cairan itu, pakai tutupnya juga boleh, nah tuangkan cairan yang berwarna ungu terlebih dahulu ke dalam wadah yang telah anda persiapkan secukupnya (di sini saya menggunakan tutup Photoxol TS tersebut sebagai wadah) lalu teteskan sekitar 8-10 tetes cairan yang berwarna oranye dan aduk hingga merata sampai warna obatnya menjadi ungu kecoklat-coklatan keabu-abuan haha...  kalo belum berubah warna seperti itu, tambahkan lagi cairan yang berwarna oranye tersebut guys sampek berwarna agak kecoklat-coklatan tadi.

Langkah Kedua
Setelah nge-mix/ngecampur obatnya silahkan persiapkan screen anda yang sudah anda beli di rumah sakit terdekat ;)  hehe.. Just kidding... Sekarang siapkan screennya dan ambil penggaris adeknya atau penggaris anda sendiri potong sesuai kemauan anda yang penting "PAS" enak dipegang atau bisa juga menggunakan kapi yang bisa anda beli di toko bangunan terdekat (Serius ini). Tuangkan cairan/obat yang telah anda campur tadi sedikit demi sedikit lalu ratakan pada permukaan screen depan dan belakang, ingat jangan sampai ada yang masih menggumpal daripada nanti mengganggu proses selanjutnya.  Dan sebaiknya Tahap ini dikerjakan pada ruang gelap yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.


Langkah Ketiga
Screen yang sudah anda olesi dengan obat tadi sekarang silahkan dikeringkan dengan cara menggunakan hair driyer atau kalo sampeyan gak punya, pake' kipas angin juga boleh guys. Nah kalo menggunakan hair driyer mungkin sekitar 2-3 menit jangan lupa di bolak balik screennya, tetapi kalo menggunakan kipas angin mungkin sekitar 10 menit. Nah tandanya screen itu sudah kering adalah sentil / pukul pake kuku di bagian pinggirnya, kalo sudah bebunyi nyaring berarti screen sampeyan-sampeyan sekalian sudah siap untuk langkah selanjutnya.

Langkah Ke-Empat
Setelah finish langkah ketiga, maka saatnya langkah ke-sepuluh eh empat dhenk.... xixixixi.... Oke sekarang persiapkan screen anda yang sudah kering tadi dan kaca untuk proses pemanggangan. Ambil klise yang telah anda buat dan sudah di print tentunya. Letakkan klise anda pada permukaan luar screen dan jangan lupa dibalik ya guys biar tulisannya nanti gak kebalik pas proses cetaknya gak lucu juga kan kalo "Osis" jadi "Siso" wkwkwkwk..... Setelah anda menempatkan klise tersebut maka tumpangi bagian atasnya dengan menggunakan kaca yang telah anda persiapkan dan akan lebih baik jika ada tekanan dari dalam bisa berupa triplek yang dilapisi kain hitam atau apa saja lah yang penting saling menekan antara screen luar dan dalamnya. Setelah itu bawa screen dan kacanya tadi ke luar rumah dan jemur sebentar, Nhah pada proses inilah ketepatan perhitungannya memang harus benar-benar pas. Kalo anda afdruk jam 12 siang atau pas lagi terik-teriknya matahari maka berhituuuuuuung mulai! dari 1-30 tetapi kalo matahari sudah agak redup tinggal tambahi saja hitungannya tinggal kita kira-kira aja jangan terlalu kering dan jangan terlalu basah.

Langkah kelima
Akhirnya sampai juga klimaksnya.... hemmmmm....  Langkah ini adalah langkah terakhir guys yaitu tahap penyemprotan. Setelah screen tadi mengalami beberapa fase diatas dan telah di panggang dibawah sinar matahari sekarang bawa screen anda kedalam kamar mandi dan siapkan semprotan burung (dalam arti sebenranya hehe) juga. Ambil air dengan gayung dan siram pelan-pelan bagian luar screen dan bagian dalamnya juga, tapi perlahan aja guys gak perlu sampek panggil pemadam kebakaran. hehehehe.....  Setelah di siram pasti screennya langsung berubah warna menjadi ungu tuh dan pada bagian gambarnya akan berubah warna menjadi putih, Nhah sekarang semprot perlahan bagian gambar yang telah menjadi putih tersebut, nhah untuk memastikan afdrukan anda kuat yaitu dengan cara menyemprot bagian tepi gambar dengan kencang, kalo gak ada yang hancur berarti udah kuat tuh  afdrukannya dan lanjut aja nyemprotnya jangan lupa sambil nyanyi lagu ini nie silahkan di download ;P hidup pasti berlalu .
Kalo gagal hapus lapisan obat tadi dengan menggunakan Photoxol 7 (Haoh rasakno kanggo gak we) dan ulangi langkah 1-5 di atas.

Nhah selesai deh guys langkah-langkah afdruk yang saya rangkum secara sederhana dan acak-acakan ini kalo sampeyan pengen belajar silahkan datang aja ke rumah saya di madiun. hehehe.... saya siap mengajarkan sampeyan bagaimana teknik sablon konvensional sampek bisa InsyaAllah. Mungkin nanti saya akan bahas juga bagaimana cara membuat desain dan klise untuk sablon. Yang penting kita itu harus Semangat! kalo telah memilih hidup bebas dan berusaha berdiri dengan kaki sendiri.
Semoga Berhasil! Gud Luck!
See ya guys... Wassalamualaikum... Luv U.... wkwkwkwk....
"Tunggal Guru Tunggal Ilmu Gak Pareng Ngrusohi"

1 komentar:

  1. sangat membantu dan pemaparannya mudah dipahami, mohon disertai gambar ilustrasi atau link video agar bisa lebih ane paham lagi...
    terimakasih

    BalasHapus